Pendidikan gratis
Kebijakan Pendidikan gratis Pelalawan, Langkah Strategis Melahirkan SDM Berkualitas
Penulis: S.Koto | Rabu, 25 Nopember 2015 | 23:03 WIB Dibaca: 832 kali


Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap manusia, oleh sebab itu untuk memenuhi kebutuhan tersebut sudah menjadi bagian dari kewajiban Pemerintah memberikan jaminan bagi masyarakat untuk mempermudah akses masyarakat memperoleh pendidikan yang baik.

Oleh karena itu, era otonomi daerah yang ditelurkan melalui reformasi telah memberikan ruang gerak yang amat luas bagi daerah otonom untuk mengelola sumber daya yang ada di daerah.

Salah satu, bentuk perhatian pemerintah dalam menunjukan keseriusan di bidang pendidikan yakni dengan program pendidikan gratis. Hal ini pula yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan. Dibawah kepemimpinan Bupati Pelalawan HM. Harris telah menelurkan program pendidikan gratis dalam rangka menuju pelalawan cerdas. 

 Kita menyadari bahwa Pendidikan merupakan salah satu bentuk pelayanan dasar bagi masyarakat yang sekaligus sebagai parameter bagi tercapainya tingkat kesejahteraan masyarakat yang berkualitas. Upaya pemenuhan pelayanan dasar ini pun sudah dilakukan mulai dari tingkat pusat sampai daerah dengan menempatkannya sebagai prioritas pembangunan. 

 Pada lima tahun pertama pelayanan pendidikan lebih diarahkan pada peningkatan sarana dan prasarana pendidikan seperti ruang belajar, ruang perpustakaan,ruang laboratorium, ruang UKS, fasilitas sanitasi dan pembangunan sekolah baru. Upaya ini merupakan dasar bagi terciptanya pelayanan pendidikan yang berkualitas, yang ditandai tidak saja tersedianya sarana dan prasarana pendidikan namunjuga peningkatan kualitas tenaga pendidik dan anak didik. Dengan melihat pada data dan informasi terkait dengan sektor pendidikan maka upaya untuk menata pelayanan pendidikan ke depan masih harus dilaksanakan secara komprehensifSejalan dengan isu-isu strategis diatas, isu-isu strategis merupakan bagian penting dan sangat menentukan dalam proses penyusunan rencana pembangunan daerah khususnya disektor pendidikan. Analisis isu-isu strategis ini serta pengembangan manajemen pendidikan berbasis prestasi dan juga program kebijkan pendidikan tanpa pungutan.

 Berkenaan masalah pendidikan gratis di wilayah Kabupaten Pelalawan sendiri pendidikan gratis sudah ada diaturdalam Peratuan Bupati (perbup) nomor 13 tahun 2013 yang mana mengacu pada Peraturan Daerah (perda) nomor 13 tahun 2012 tentang penyelenggaraan pendidikan. Peraturan Bupati Nomor 13 tahun 2013 yang telah disahkan oleh Bapak Bupati Pelalawn H.M Harris  bulan juni tahun 2013. Angka yang dikucurkan pada tahun 2013 melalui APBD murni yakni sebesar 40 milyar, dan pada APBD perubahan terjadi penambahan yakni sebesar 45 milyar. Jadi pada awal pendidikan gratis dilaksanakan pemerintah pelalawan menggelontorkan dana lebih kurang 85 milyar. Hal ini menunjukan keseriusan Pemerintah Daerah dalam dunia pendidikan. 

Dalam Peraturan Bupati Nomor 13 tahun 2013 tentang pendidikan gratis ini didalamnya ada 

terdapat 3 point penting yang harus dipahami:

1. Yakni gratis dari segala macam bentuk uang pembangunan  fisik, artinya siswa tidak dipungut biaya pembangunan fisik yang ada di sekolah seperti uang pembangunan kelas, mushalla, laboratorium, toilet dan lain sebagainya. Apapun bentuk pembangunan fisik di sekolah, siswa tidak akan dikenakan biaya.

2. Yakni buku Lembar KerjaSiswa (LKS) atau buku pelajaran, mulai dari tingkat SD hingga SMA/Sederajat, siswa tidak dikenakan biaya untuk membeli buku. Karena itu, pihak sekolah tidak akan menjual LKS atau pun buku pelajaran karena telah dianggarkan dalam APBD.

3. Yakni pemberkasan atauverifikasi. Artinya, siswa dalam hal ini akan mendapatkan kebutuhan sekolah berupa sepatu, kaos kaki dan seragam sekolah atau disebut full gratis. Namun full gratis ini hanya diperuntukkan bagi fakir miskin dan golongan tidak mampu saja. Dan untuk point ketiga ini, maka kriteria yangtergolong miskin dan tidak mampu nantinya akan diatur melalui Peraturan Bupati lagi.

Bupati pelalawan HM. Harris menjelaskan bahwa pendidikan gratis merupakan upaya pemerintah daerah untuk melahirkan Sumber daya manusia yang handal dan mempunyai kemampuan untuk bersaing. “ SDM merupakan kunci kemajuan suatu daerah “’jelas HM. Harris beberap waktu lalu. 

Masih menurut Bupati Harris Menurut Harris, bahwa  program pendidikan diperuntkan bagi masa depan negeri tuah iya sekata ini. “  Pendidikan Gratis ini untuk melengkapi Wajib Belajar sembilan tahun yang telah di Perda-kan sebelumnya” tegas HM. Harris. 

Selanjutnya, kata Harris di implementasikan pada Peraturan Bupati Pelalawan nomor 13 tahun 2013 tentang penyelenggaraan pendidikan gratis itu. “ Wajib belajar saja, barang kali belum cukup, Semua orang tua pada dasarnya ingin anaknya bersekolah” tambahnya. 

Masih menurut mantan Ketua DPRD dua periode ini,  Bahwa program pendidikan gratis diharapkan juga mampu mengangkat angka rata-rata lama sekolah masyarakat Kabupaten Pelalawan yang masih relatif rendah. Menurut data BPS, angka lama sekolah kita masih sekitar 8. “ artinya secara rata-rata belum menamatkan SLTP. Dampaknya bisa kita lihat dari rendahnya Indeks Pembangunan Manusia atau IPM kita dibandingkan dengan kabupaten lain di Riau ini “ papar pria asli kelahitan Langgam ini. 

Saya meyakini, bahwa pendidikan gratis ini, akan mampu menjadi pondasi dasar untu membangun Pelalawan yang bermartabat dan siap bersaing di masa mendatang. Apalagi, lanjut Harris, saat ini kita berada pada era globalisasi. “ jadi pendidikan yang berkualitas jugalah yang akan menentukan siap atau tidaknya kita bersaing “ jelasnya. 

Saya berharap, pendidikan gratis ini akan bisa berjalan dengan baik, bagi orang tua, tidak adalagi alasan untuk tidak menyekolahkan anak – anaknya. Karena pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi generasi muda saat ini. “ jangan sampai ada anak – anak yang tidak sekolah “ tegas harris lagi. 

Selain itu menurut Harris, jiak ditemukan oran tua yang tidak menyekolahkan anaknya sampai kejenjang SMA/sederajat maka akan diberikan sanksi tegas.  " saya tidak mau menemui nantinya orang tua yang tidak menyekolahkan anaknya dari tingkat sekolah dasar hingga SMA/sederajat. kita akan berikan sanksi tegas jika ditemui dilapangan," papar HM. Harris. 

Program pendidikan gratis yang merupakan salah sarana untuk menuju pelalawan cerdas ini akan mampu melahirkan generasi – generasi yang berkualitas di negeri seiya sekata ini. Generasi yang siap bersaing, baik ditingkat kabupaten, provinsi, nasional bahkan internsional. (Adv). 

 

[ Kembali ]
Berita Terkini
15:47 Asap dan abu ….. PMKS Satu Buatan PT.Inti Indosawit Subur Meresahkan Warga
17:07 “ BAYU “ … Usaha saya resmi…Didepan rumah sendiri…
19:36 Ketua KUD BHAKTI MANDIRI Larang “ BAYU “ Buka Usaha
23:43 Peringati HGN dan HUT PGRI ke 70 di Kuala Kampar, Ini yang disampakkan Bupati Harris
23:03 Kebijakan Pendidikan gratis Pelalawan, Langkah Strategis Melahirkan SDM Berkualitas
21:30 Siapa Bupati Kabupaten Pelalawan 2016 - 2021 ……. ?
04:44 Distamben dan BUMD Wujudkan Mimpi Pelalawan Terang
10:40 Maknai Perayaan Setiap Tahun di Usianya ke 16
08:30 Pembangunan 155 Rumah Layak Huni Tahun Ini Siap Direalisasikan
22:04 HUT Ke 70 Republik Indonesia di Kabupaten Pelalawan
20:23 Deklarasi H.HARIS dan ZARDEWAN Dilapangan bola Pkl.Kerinci
12:00 RSUD Selasih Sebagai Pusat Rujukan Empat Wilayah
Indeks Berita Indeks Headline Indeks Terpopuler Redaksi
© 2008 All Rights Reserved | Gemuruhriau