HUT Kabupaten Pelalawan
Maknai Perayaan Setiap Tahun di Usianya ke 16
Penulis: S.Koto | Kamis, 15 Oktober 2015 | 10:40 WIB Dibaca: 606 kali

Sekdakab Pelalawan Tengku Mukhlis mendengarkan penjelasan pemakaian Skuaron dari udara untuk memantau api dilokasi kebakaran

Pangkalan Kerinci 

Perayaan dalam menyambut hari jadi kabupaten Pelalawan yang dinilai terkesan eporia, sebenarnya hal tersebut bukan pemborosan anggaran atau sejenisnya supaya dipandang wuah, memang sudah sepantasnya kalau perayaan dalam menyambut HUT kabupaten khususnya kabupaten Pelalawan yang saat ini sudah berusia 16 tahun setelah dilihat perkembangan peningkatan pembangunannya dibandingkan dengan kondisi tahun-tahun sebelumnya, maka sangat wajar kalau perayaan di buat semeriah mungkin.

Artinya, setiap rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT kabupaten sebagai bentuk rasa syukur selama ini dan juga untuk mengenang jasa para pendiri kabupaten yang bertungkus lumus berjuang untuk pemekaran, maka sangat wajar dilakukan pesta rakyat selama beberapa hari agar masyarakat bisa merasakan dan melihat perkembangan pembangunan didaerahnya dari semua sektor yang ditampilkan lewat pameran di setiap stand atau karya seni yang ditampilkan di atas panggung yang disediakan panitia yang tujuannya sangat jelas supaya mereka merasa bangga menjadi warga Pelalawan setelah melihat semua nya yang ditampilkan di Pelalawan Ekspo.
 

Jadi jelas, bahwa apa yang di tampilkan dan disajikan oleh pemerintah daerah selama perayaan HUT Pelalawan setiap tahunya semata-mata untuk masyarakat bukan untuk seremonial saja, jadi kalau perayaan yang dinilai terkesan menghambur-hamburkan anggaran dan dianggap hanya semata-mata seromonial serta tidak penting maka orang yang berfikir demikian orang yang picik.

Di usia ke 16 tahun kabupaten Pelalawan saat ini  tak terasa waktu begitu cepat berganti, bila kita runut kebelakang, seakan tidak percaya perkembangan dan kemajuan kabupaten Pelalawan yang dahulu cuman beberapa kecamatan terluar dari kabupaten Kampar selaku kabupaten Induk.

Yang dulu hanya hutan belantara, setelah melewati perubahan pembangunan yang begitu cepat pasca pemekaran, Pelalawan saat ini Bagai gula yang di kerumuni semut, kota Pangkalan Kerinci yang menjadi pusat peradaban dan kota penyangga di daerah ini, seakan memiliki daya pikat bagi warga pendatang yang ingin merubah nasib peruntungan untuk hidup yang lebih layak. 

Sejak kabupten Pelalawan berdiri pada tanggal 12 Oktober 1999 lalu sampai sekarang, terlihat jelas kerja nyata sang kepala daerah dalam membangun daerahnya untuk menggesah pemerataan pembangunan diseluruh kecamatan guna mensejajarkan posisinya dengan kabupaten lain yang sudah lama berkembang. Tidak sedikit pengorbanan yang diberikan oleh para pemimpin daerah untuk membangun daerahnya serta motifasi yang diberikan agar semua program berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Dalam proses pembangunan yang telah direalisasikan selama ini, tentunya para pemimpin daerah mengutamakan pembangunan dengan sekala prioritas yang dipikirkan secara matang dan dituangkan kedalam perencanaan sebelum direalisasikan, dan buah pemikiran itu yang disebut Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) masing pasangan Kepala Daerah yang pernah memimpin kabuaten Pelalawan ini.

Seperti saat ini, pemerintah daerah kabuaten Pelalawan dibawah kepemimpinan Bupati Pelalawan HM Harris dengan Wakilnya dari birokrat yakni Drs H Marwan Ibrahim, dibawah kepemimpinan mereka saat ini para pejabat dan pegawai diminta untuk meningkatkan pelayanan serta dituntut lebih fleksibel dan penuh inovatif agar capaian target yang di proyeksikan bisa terealisasi.  

Selain itu, seluruh pembangunan harus dilakukan secara efektif dan efisien dengan mengedepankan penguatan sistem inovasi. Sehingga dengan begitu, daya saing daerah dapat terwujud sebagai langkah awal bagi mensejahterakan masyarakat dan memacu kemajuan daerah. Dan untuk mencapai sasaran-sasaran tersebut ditambah dengan kondisi serta tantangan yang ada saat ini, maka Pemda Pelalawan telah merumuskan visi pembangunan yakni "Pembaharuan Menuju Kemandirian Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Pelalawan". 

"Jadi dengan target-target yang telah dicapai saat ini, memang kondisi Kabupaten Pelalawan sekarang sudah berbeda jauh dari kondisi 15 tahun sebelumnya. Saat ini, pelayanan umum kepada masyarakat sudah semakin membaik, indikator-indikator keberhasilan pembangunan ekonomi semakin meningkat, jumlah  unit infrastruktur yang dibangun semakin banyak. Hal ini sebagai konsekwensi dari program pembangunan yang dilakukan pemerintahan daerah pada dua periode sebelumnya dan begitu juga dampak dari pelaksanaan pembangunan yang dikoordinasi oleh pemerintahan daerah saat ini, termasuk peran swasta dan dunia usaha yang terus meningkat sebagai akibat membaiknya daya saing Kabupaten Pelalawan dan terjaganya suasana kondusif daerah," ungkapnya.

Selain itu, di usia Kabupaten Pelalawan yang ke 16 ini, tingkat keberhasilan pembangunan dalam jangka waktu satu tahun terakhir berdasarkan Target Capaian Utama RPJMD 2011–2016, yang meliputi Penurunan Tingkat Kemiskinan, Mempertahankan Laju Pertumbuhan Ekonomi pada kisaran 7 persen, Penyediaan Lapangan Kerja sehingga tingkat pengangguran terbuka tidak melebihi angka 4,20 persen, Tingkat Kualitas Hidup Masyarakat yang ditunjukkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mendekati rata-rata IPM Provinsi Riau, serta Membaiknya Kinerja Keuangan Daerah.

"Pertambahan investasi di Kabupaten Pelalawan dalam dua tahun terakhir ini sebagian besar memang berupa ekspansi pada perusahaan-perusahaan yang sudah ada. Namun ada tiga perusahaan baru yang berinvestasi di sektor perkebunan dan ketenagalistrikan," ujarnya.

Menurutnya, pertambahan investasi yang cukup besar di Kabupaten Pelalawan ini tentu tidak lepas dari upaya-upaya Pemerintah dalam mempromosikan potensi daerah, serta upaya semua pihak dalam melindungi investasi yang sudah ada. Dan yang lebih penting lagi adalah bahwa semua lapisan masyarakat berhasil menjaga suasana yang kondusif bagi berkembangnya investasi di daerah ini. Tentu pertumbuhan ekonomi dan peningkatan investasi yang besar serta kondusifnya daerah ini secara otomatis mengundang para pendatang masuk ke Kabupaten Pelalawan dengan rata-rata 5 persen dari jumlah penduduk per tahun.

Dan saat ini, dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia, Mengoptimalkan Pemanfaatan Sumberdaya Ekonomi, serta Meningkatkan Daya Saing Daerah menuju Peningkatan Daya Saing Nasional yang sudah ditetapkan dalam 7 Prioritas Pembangunan Daerah yang saat ini sedang direalisasikan.

Diakuinya, bahwa saat ini, kebutuhan pembangunan di masyarakat terus berkembang dan beragam, begitu juga dengan permasalahan yang dihadapi semakin kompleks. Oleh karena itu, selaku Bupati Pelalawan dirinya mengajak seluruh elemen, untuk secara bersama-sama memperkuat dan mempeluas partisipasi dalam memajukan Kabupaten Pelalawan ini. Pasalnya, kemajuan program pembangunan yang dijalankan selama ini tentu akan lebih maksimal dengan dukungan masyarakat dan dunia usaha. 

"Jujur saja, Pemerintah Daerah tidak akan bisa berjalan sendiri dalam mewujudkan target-target tersebut tanpa dukungan masyarakat. Demikian pula bahwa pencapaian kemandirian, pencapaian kesejahteraan masyarakat dan pencapaian kemajuan daerah tidak akan dapat terwujud jika hanya mengandalkan kemampuan Pemerintah Daerah tanpa dukungan Dunia Usaha. Kita mengakui keberadaan perusahaan, industri dan dunia usaha di Kabupaten Pelalawan telah menyumbangkan hampir 80 persen PDRB dan menggerakkan ekonomi serta menyediakan lapangan kerja," ungkapnya.

Bupati Ajak Masyarakat Bersyukur

Diusia kabupaten Pelalawan sudah mencapai 16 tahun saat ini, dan sudah banyak perubahan berupa kemajuan pembangunan disetiap daereah, hal ini di akui oleh Bupati Harris karena dukungan semua elemen masyarakat yang peduli terhadap kemajuan daerahnya, untuk itu Bupati Pelalawan HM Harris saat merayakan hari jadi kabupaten ke 16 kali ini mengajak semua masyarakat untuk dapat mensyukuri atas karunia dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa.

 

"Dan kita pun sudah selayaknya harus mengucapkan terima kasih pada para tokoh penggagas, pendiri dan pemimpin terdahulu yang telah meletakkan pondasi dasar bangunan Pemkab Pelalawan, yang pada hari ini dapat sejajar dengan Kabupaten lainnya di Provinsi Riau,"demikian hal ini disampaikan oleh  Bupati Pelalawan HM Harris saat upacara memperingati HUT Kabupaten Pelalawan ke 16 di lapangan Kantor Bupati, Senin (12/10) awal pekan lalu. 

 

Harris mengatakan bahwa tanpa perjuangan para pendiri maka upacara dan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini tidak mungkin ada. Tanpa pondasi dasar yang mereka letakkan sebagai para pendiri Kabupaten Pelalawan, maka pihaknya juga tak mungkin akan dapat melanjutkan menjadi sebuah bangunan pemerintah yang utuh seperti sekarang ini."Untuk itu, saya meminta agar peringatan ini dapat dijadikan momen introspeksi diri serta merenungkan kembali apa yang telah kita lakukan dan berikan bagi negeri Seiya Sekata ini," tegasnya.

 

Sebagai pemangku amanah dalam memimpin negeri ini, sambungnya, dirinya mengharapkan agar semua lapisan masyarakat bisa terus berkontribusi maksimal bagi daerah dan masyarakat sesuai peran dan fungsinya masing-masing. Inilah esensi perjuangan para penggagas dan pendiri Kabupaten ini. Dan semua ini bertujuan agar masyarakat di kawasan hilir Sungai Kampar ini dapat hidup lebih baik dari sebelumnya.

 

"Inilah hutang kita semua yang harus kita bayar ke masyarakat kabupaten yang berbilang suku bangsa ini," ujarnya.Dalam usia Kabupaten Pelalawan yang ke 16 ini, lanjutnya, dirinya optimis akan mampu mengejar semua ketertinggalan dan berbuat lebih banyak lagi bagi kemajuan negeri dan seluruh lapisan masyarakat. Karena itu, diperlukan semangat kebersamaan, sikap toleran demi menjaga stabilitas keamanan, sosial dan politik."Adanya perbedaan bukan untuk dipertentangkan tapi harus disyukuri bahkan dikelola sehingga menjadi kekuatan bagi kita dalam menuju masa depan bersama yang lebih baik," tutupnya. (Advertorial)

[ Kembali ]
Berita Terkini
15:47 Asap dan abu ….. PMKS Satu Buatan PT.Inti Indosawit Subur Meresahkan Warga
17:07 “ BAYU “ … Usaha saya resmi…Didepan rumah sendiri…
19:36 Ketua KUD BHAKTI MANDIRI Larang “ BAYU “ Buka Usaha
23:43 Peringati HGN dan HUT PGRI ke 70 di Kuala Kampar, Ini yang disampakkan Bupati Harris
23:03 Kebijakan Pendidikan gratis Pelalawan, Langkah Strategis Melahirkan SDM Berkualitas
21:30 Siapa Bupati Kabupaten Pelalawan 2016 - 2021 ……. ?
04:44 Distamben dan BUMD Wujudkan Mimpi Pelalawan Terang
10:40 Maknai Perayaan Setiap Tahun di Usianya ke 16
08:30 Pembangunan 155 Rumah Layak Huni Tahun Ini Siap Direalisasikan
22:04 HUT Ke 70 Republik Indonesia di Kabupaten Pelalawan
20:23 Deklarasi H.HARIS dan ZARDEWAN Dilapangan bola Pkl.Kerinci
12:00 RSUD Selasih Sebagai Pusat Rujukan Empat Wilayah
Indeks Berita Indeks Headline Indeks Terpopuler Redaksi
© 2008 All Rights Reserved | Gemuruhriau