Bantuan Dari APBN
Pembangunan 155 Rumah Layak Huni Tahun Ini Siap Direalisasikan
Penulis: S.Koto | Selasa, 15 September 2015 | 08:30 WIB Dibaca: 895 kali

Bupati Harris Bersama Sejumlah Pejabat Pantau Hasil Pembangunan Rumah Layak Huni

Pangkalan Kerinci 

Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan untuk mengurangi angka kemiskinan di seluruh kecamatan sampai saat ini terus di upayakan semaksimal mungkin, berbagai cara dan program pro rakyat selalu di realisasikan untuk merubah sekaligus memotifasi masyarakatnya dalam meningkatkan kesejahteraan mereka masing-masing dengan kondisi saat ini.

Adapun program yang dilakukan pemerintah daerah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat agar dapat mandiri yakni dengan merealisasikan sejumlah program kerakyatan, artinya program tersebut dinilai dan dirasakan bisa meringankan beban mereka, dan yang terpenting program tersebut bisa mendongkrak perekonomian di daerah mereka sehingga akan berpengaruh terhadap kesejahteraan perekonomian warga dengan begitu maka akan terwujud masyarakat mandiri sesuai harapan pemerintah daerah kabupaten Pelalawan saat ini. 

Selain program pokok pemerintah di sejumlah bidang, mulai program peningkatan pembangunan fisik seperti jalan, gedung, perkantoran, serta program dibidang kesehatan dan pendidikan yang mengutamakan pelayanan pendidikan murah serta pelayanan kesehatan gratis dan masih banyak lagi sederetan program yang direalisasikan oleh pemerintah yang hasilnya sudah dirasakan masyarakat saat ini.

Ternyata di bidang sosial, Pemerintah daerah juga merealisasikan program bagi masyarakat yang kurang mampu, program tersebut adalah program pembangunan Rumah Layak Huni RLH yang khusus di peruntukan bagi keluarga kurang mampu dan yang memiliki sebidang tanah untuk dijadikan tapak rumah.

Kriteria masyarakat yang berhak atas program ini dipastikan sudah lolos seleksi dan direkomendasikan dari tim penilai baik dari desa atau kelurahan serta dari Dinas Sosial langsung, sebab tidak semua masyarakat mendapatkan hak atas program perumahan tidak layak huni tersebut sebab untuk mendapatkan RLH itu mereka yang berhak memang benar-benar dalam keadaan susah dan yang pastinya berpenghasilan dibawah rata-rata atau di bawah UMK.

Jadi, tujuan program pembangunan RLH ini nantinya diharapkan dapat mengangkat sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menjalankan kebijakan pembangunan dengan prinsip-prinsip ekonomi kerakyatan yang dicanangkan, Pemerintah Pusat melalui Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa yang telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat tidak mampu di Kabupaten Pelalawan dengan merealisasikan Pembangunan RLH sebanyak 155 unit yang akan dibagi ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan.

Terkait bantuan APBN untuk pembangunan 155 unit RLH bagi masyarakat kurang mampu di Pelalawan ini, Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkessos) Kabupaten Pelalawan MD Rizal SPd MPd mengatakan, bahwa bantuan yang didapatkan memang diprioritaskan buat masyarakat tidak mampu (miskin) yang mempunyai rumah yang tidak layak dihuni.  

Dari jumlah unit sebanyak 155 tersebut, Anggaran yang didapat dan yang disediakan oleh pemerintah pusat sebesar Rp.4,65 Milyar, " Ya, untuk tahun 2015 kita mendapatkan bantuan dari Kemensos RI buat masyarakat yang tidak mampu dengan anggaran 4,65 milyar.  Bantuan ini diberikan untuk pembangunan rumah yang tidak layak huni untuk kita bedah sebanyak 155 unit. Pada saat bedah rumah, kita akan bekerja sama dengan pekerja sosial masyarakat (PKM) Desa dan tenaga Kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK),"jelasnya.
       
MD Rizal juga mengatakan, bahwa setiap rumah mendapatkan anggaran dengan bedah rumah sebesar 30 juta. Artinya dengan anggaran yang tersedia itu akan dibangunkan sebuah rumah yang nantinya bisa di tempati dan layak untuk ditempati, setidaknya dinding batu atap seng.

"Jadi kalau sekiranya perlu di bagusin maka si pemilik rumah nantinya bisa meneruskan pembangunannya agar terlihat indah dengan anggaran pribadi dengan cara mencicilnya sedikit demi sedikit, sebab anggaran yang tersedia untuk pembangunan cuman pas tegak payung saja perkiraan kita," jelas MD.

Dijabarkan MD Rizal, bahwa dari jumlah unit sebayak 155 itu dan dibagi ke seluruh kecamatan yang ada setelah dilakukan pendataan maka tercatat untuk Kecamatan Pangkalan kerinci 11 unit, Kecamatan Langgam 13 unit, Kecamatan Pelalawan 9 unit, Kecamatan Bandar Sikijang 9 unit, Kecamatan Ukui 12 unit, Pangkalan lesung 12 unit.
       
" Selanjutnya, Kecamatan Pangkalan Bunut 13 unit, Kecamatan Kerumutan 20 unit, Kecamatan Pangkalan Kuras 12 unit, Kecamatan Bandar Petalangan 13 unit, Kecamatan Teluk Meranti 17 unit, Kecamatan Kuala Kampar 24 unit.  Dengan adanya program ini maka diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menjalankan kebijakan pembangunan dengan prinsip-prinsip ekonomi kerakyatan,"paparnya..
      
MD Rizal menambahkan,  untuk tahun ini bantuan bedah rumah mengalami peningkatkan, dimana tahun 2013 cuman mendapatkan bantuan sebanyak 120 unit RTLH dengan anggaran kurang lebih 2,6 Milyar. Program itu sasarannya untuk mewujudkan kualitas infrastruktur pelayanan umum, dan salah satunya urusan perumahan yang lebih spesifik
      
" Untuk tahun 2014 lalu, Kabupaten Pelalawan tidak mendapatkan bantuan bedah rumah tidak layak huni. Saya berharap sekitar 155 unit rumah pada tahun 2015 dapat dituntaskan dengan sebaik mungkin, guna mewujudkan tempat tinggal yang layak bagi penduduk,"tutup mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan (adv)

[ Kembali ]
Berita Terkini
15:47 Asap dan abu ….. PMKS Satu Buatan PT.Inti Indosawit Subur Meresahkan Warga
17:07 “ BAYU “ … Usaha saya resmi…Didepan rumah sendiri…
19:36 Ketua KUD BHAKTI MANDIRI Larang “ BAYU “ Buka Usaha
23:43 Peringati HGN dan HUT PGRI ke 70 di Kuala Kampar, Ini yang disampakkan Bupati Harris
23:03 Kebijakan Pendidikan gratis Pelalawan, Langkah Strategis Melahirkan SDM Berkualitas
21:30 Siapa Bupati Kabupaten Pelalawan 2016 - 2021 ……. ?
04:44 Distamben dan BUMD Wujudkan Mimpi Pelalawan Terang
10:40 Maknai Perayaan Setiap Tahun di Usianya ke 16
08:30 Pembangunan 155 Rumah Layak Huni Tahun Ini Siap Direalisasikan
22:04 HUT Ke 70 Republik Indonesia di Kabupaten Pelalawan
20:23 Deklarasi H.HARIS dan ZARDEWAN Dilapangan bola Pkl.Kerinci
12:00 RSUD Selasih Sebagai Pusat Rujukan Empat Wilayah
Indeks Berita Indeks Headline Indeks Terpopuler Redaksi
© 2008 All Rights Reserved | Gemuruhriau