Musrenbangnas Dibuka Presiden RI
Jokowi Minta Seluruh Kepala Daerah Prioritaskan Infrastruktur
Penulis: Koto | Jumat, 01 Mei 2015 | 08:55 WIB Dibaca: 597 kali

Jakarta

Rapat akbar menyusun rencana kegiatan tahun 2016 dengan agenda Musyawarah rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri oleh seluruh kepala daerah baik mulai dari Bupati/Wali Kota sampai ketingkat Gubernur se Indonesia dengan yang dilaksanakan pada hari Rabu (29/4) di Hotel Bidakara Jakarta pertengahan pekan lalu.  

Bupati pelalawan HM Harris didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda) Pelalawan Ir M Syahrul Syarif MSi serta Ketua DPRD Pelalawan Nasaruddin SH MH, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pelalawan Ir H Hasan Tua Tanjung ST MT, Kepala Dinas Kehutanan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pelalawan Ir Hambali MSi juga tampak hadir dalamegiatan  rapat pembahasan rencana kegiatan pembangunan secara nasional yang alokasi anggarannya akan direalisasikan lewat APBN tahun anggaran 2016 mendatang.

“Tadi dalam rapat Musrenbangnas yang dibuka langsung oleh pak Jokowi, beliau berpesan sekaligus meminta kepada kepala daerah se Indonesia untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur dibandingkan kegiatan lain, hal ini menurut beliau bahwa saat ini masyarakat Indonesia lebih mengharapkan pembangunan jalan serta yang lainnya untuk mempermudah akses untuk kelancaran perputaran ekonomi di daerah,” Demikian hal ini disampaikan Bupati Pelalawan HM Harris kepada sejumlah wartawan, di Jakarta usai mengikuti pembukaan Musrenbangnas.

 

Harris juga mengatakan bahwa kegiatan Musrenbangnas seperti itu memang setiap tahunnya di adakan dan wajib di ikuti oleh seluruh kepala daerah se Indonesia, mengingat dalam Musrenbangnas biasanya akan ada rencana kegiatan yang perlu direalisasikan secepatnya serta merealisasikan program-program presiden yang harus terealisasi sampai ke daerah, dan itu biasanya disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.

" Ya, seperti pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaran Musrenbangnas yang diagendakan yakni menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2016 mendatang ini, dihadiri para kepala daerah dan kepala badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) seluruh indonesia serta perwakilan kementerian/lembaga (K/L). Dan dalam kegiatan Musrenbangnas ini, hal utama menjadi target pembahasan yakni percepatan pembangunan infrastruktur. Dan kegiatan musrenbangnas 2015 ini juga mempunyai arti yang sangat penting bagi Pemerintah daerah. Pasalnya, melalui musrenbangnas ini, maka program pemerintah pusat dan daerah dapat sejalan," terang Bupati Pelalawan HM Harris didampingi Kepala Bappeda Pelalawan Ir M Syahrul Syarif MSI.

Dijelaskan Mantan Ketua Adkasi ini, bahwa dalam pembahasan Musrenbangnas tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, maka pada tahun 2016 mendatang setiap kabupaten/kota se-Indonesia akan dikucurkan anggaran sebesar Rp 100 miliar. Hal ini sesuai dengan tema pelaksanaan Musrenbangnas tahun 2015 yakni " Mempercepat pembangunan infrastruktur untuk meletakkan fondasi pembangunan yang berkualitas". Sedangkan anggaran tersebut bersumber dari APBN 2016.

" Untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, maka pada tahun 2016 mendatang, setiap kabupaten/kota se-Indonesia akan mendapat bantuan langsung sebesar Rp 100 miliar atau sesuai kebutuhan masing-masing kabupaten/kota melalui dana APBN. Untuk itu, dengan adanya bantuan langsung tersebut, maka tentunya akan mempercepat pembangunan infrastruktur di kabupaten Pelalawan. Pasalnya sejauh ini, Pemkab Pelalawan masih belum maksimal menggesa percepatan pembangunan infrastruktur akibat minimnya anggaran yang kita miliki. Dan dengan adanya support anggaran dari pemerintah pusat ini, maka diharapkan pembangunan percepatan infrastruktur di kabupaten Pelalawan dapat dituntaskan," ujarnya.

Disinggung terkait usulan Pemkab Pelalawan dalam pelaksnaan Musrenbangnas tersebut, mantan Ketua DPRD Pelalawan dua periode ini mengungkapkan, bahwa Pemkab Pelalawan memprioritaskan usulan pembangunan bidang infrastruktur yakni infrastruktur jalan, kelistrikan dan pengembangan objek wisata Bono.

" Dan usulan ini telah dibahas dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD 2015 tingkat Kabupaten Pelalawan yang berlangsung di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Pelalawan pada 29 Maret lalu," tutup Bupati. (GR.01)

[ Kembali ]
Berita Terkini
15:47 Asap dan abu ….. PMKS Satu Buatan PT.Inti Indosawit Subur Meresahkan Warga
17:07 “ BAYU “ … Usaha saya resmi…Didepan rumah sendiri…
19:36 Ketua KUD BHAKTI MANDIRI Larang “ BAYU “ Buka Usaha
23:43 Peringati HGN dan HUT PGRI ke 70 di Kuala Kampar, Ini yang disampakkan Bupati Harris
23:03 Kebijakan Pendidikan gratis Pelalawan, Langkah Strategis Melahirkan SDM Berkualitas
21:30 Siapa Bupati Kabupaten Pelalawan 2016 - 2021 ……. ?
04:44 Distamben dan BUMD Wujudkan Mimpi Pelalawan Terang
10:40 Maknai Perayaan Setiap Tahun di Usianya ke 16
08:30 Pembangunan 155 Rumah Layak Huni Tahun Ini Siap Direalisasikan
22:04 HUT Ke 70 Republik Indonesia di Kabupaten Pelalawan
20:23 Deklarasi H.HARIS dan ZARDEWAN Dilapangan bola Pkl.Kerinci
12:00 RSUD Selasih Sebagai Pusat Rujukan Empat Wilayah
Indeks Berita Indeks Headline Indeks Terpopuler Redaksi
© 2008 All Rights Reserved | Gemuruhriau